Sabtu, 19 September 2015

KOMUNIKASI (PERTEMUAN KE-2)

KOMUNIKASI
1. KOMUNIKASI  ANTARPRIBADI
·       Definisi :
Ø Komunikasi antar pribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang (Wiryanto, 2004).
Ø Komunikasi Interpersonal adalah interaksi orang ke orang, dua arah, verbal dan non verbal. Saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau
antar individu di dalam kelompok kecil (Febrina, 2008).

·       Karakteristik Komunikasi Antarpribadi :
Ø Dimulai dengan diri sendiri (self).
Ø Bersifat transaksional.
Ø Mencakup aspek-aspek isi pesan dan hubungan antarpribadi.
Ø Mensyaratkan adanya kedekatan fisik antara pihak-pihak yang berkomunikasi.
Ø Melibatkan pihak-pihak yang saling tergantung satu dengan lainnya (interdependen) dalam proses komunikasi.
Ø Tidak dapat diubah maupun diulang.

·       Tujuan komunikasi antar pribadi
Ø menyampaikan informasi
Ø berbagi pengalaman
Ø menumbuhkan simpati
Ø melakukan kerjasama
Ø menumbuhkan motivasi
Ø menceritakan kekecewaan atau kekesalan
·       Ada 4 hal penting yang perlu diperhatikan:
ü Bertatap muka (face to face)
ü Komunikasi dilakukan oleh dua orang atau lebih
ü Menggunakan media tertentu
ü Tujuan yang ingin dicapai dapat bersifat personal  (pribadi) bila komunikasi terjadi dalam suatu masyarakat; dan untuk pelaksanaan tugas pekerjaan bila komunikasi terjadi dalam suatu organisasi

·       Faktor yang sangat menentukan dalam komunikasi antarpribadi, yaitu:
ü Membuka diri
ü Percaya diri
ü Selektivitas

·       Jenis-Jenis Komunikasi Antarpribadi
    Komunikasi diadik (dyadic communication)
    Komunikasi triadik (triadic communication)

·       Proses : 





Elemen-Elemen Komunikasi Antarpribadi :

§  Source-Receiver
§  Encoding-Decoding
§  CompetenceCompetence
§  Messages
§  Feedback Messages
§  Channel
§  Noise
§  Ethics

·       Fungsi Komunikasi Antarpribadi :
Fungsi       
Sosial
ü Untuk kebutuhan biologis dan psikologis
ü Untuk memenuhi kewajiban sosial
ü Mengembangkan hubungan timbal balik
üUntuk meningkatkan dan mempertahankan mutu diri sendiri
ü Menangani konflik
Fungsi Pengambilan Keputusan
    Manusia berkomunikasi untuk membagi
 informasi
    Manusia berkomunikasi untuk mempengaruhi
 orang lain


2. KOMUNIKASI PUBLIK

·       Definisi :
    Komunikasi Publik adalah penyampaian pesan (message), berupa ide atau gagasan, informasi, ajakan, dan sebagainya kepada orang banyak. 

    Komunikasi Publik dikenal dengan banyak nama/istilah, diantaranya urusan publik (public affairs), informasi publik (public information), dan hubungan publik (public relation) atau humas (hubungan masyarakat).

·       Prinsip Komunikasi Publik
    Menghargai orang lain (respect)
    Empati (empathy)

·       Media Komunikasi Publik :
    Media Massa
    Orasi pada rapat umum
    Demonstrasi
    Blog
    Situs Jejaring Sosial
    Kolom komentar di website/blog
    E-mail, Milis
    SMS
    Surat
    Surat Pembaca
    Reklame
    Spanduk


3. KOMUNIKASI MASSA

·       Definisi :
    Komunikasi massa adalah proses dimana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik)
  •  Karakteristik Komunikasi Massa

¨  Ditujukan ke khalayak luas, heterogen, tersebar, anonym serta   tidak mengenal batas geografis dan kultural.
¨  Bersifat umum bukan perorangan.
¨  Penyampaian pesan berjalan secara cepat dan mampu menjangkau khalayak yang luas dalam waktu yang relatif singkat.
¨  Penyampaian pesan cenderung berjalan satu arah.
¨  Kegiatan komunikasi dilakukan secara terencana, terjadwal dan terorganisasi.
¨  Kegiatan komunikasi dilakukan secara berkala tidak bersifat temporer.
¨  Isi pesan mencakup berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya, dll.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar